Siropen – Sirop Khas Surabaya Sejak Jaman Belanda

Siropen – Sirop Khas Surabaya Sejak Jaman Belanda

SIROPEN

Surabaya Kota Sejarah

Surabaya merupakan kota yang memiliki banyak sekali nilai-nilai sejarah. Di Kota Pahlawan ini, masih berdiri dengan tegak bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda yang menjadi saksi sejarah Surabaya, salah satunya adalah pabrik Limoen J.C. van Drongelen yang terletak di Jalan Mliwis No. 5, Surabaya. Pabrik tua ini merupakan pabrik penghasil sirup legendaris dari Kota Pahlawan, Siropen.

Siropen

Siropen pertama kali didirikan oleh J.C. van Drongelen pada tahun 1923 sebagai pabrik sirup pertama di Indonesia. Pada 1942, sirup ini diambil alih oleh Jepang yang kemudian dikembalikan lagi ke Belanda setelah pendudukan Jepang usai. Pada 1958, diadakan program nasionalisasi, yaitu berpindah tangannya perusahaan Belanda menjadi milik Indonesia, tak terkecuali Siropen. Tahun 1962, diserahkan ke Perusahaan Industri Daerah Makanan dan Minuman yang dilebur menjadi P.D. Aneka Pangan tahun 1985. Akhirnya, pada tahun 2002 masuk PT. Pabrik Es Wira Jatim yang merupakan holding company dari PT. Panca Wira Usaha Jawa Timur, sebuah BUMD Provinsi Jawa Timur.

Konon, sirup ini merupakan minuman bagi bangsawan Belanda, pribumi tidak diperkenankan mencicipi minuman ini. Oleh karenanya, Siropen adalah minuman eksklusif pada zamannya. Seiring berjalannya waktu, sirup ini mulai dipasarkan secara bebas dan dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat. Usianya yang sudah sangat tua menjadikannya legenda kota Surabaya. Meskipun sudah tua, Siropen masih mempertahankan cita rasanya yang alami. Untuk mempertahankan cita rasanya, Siropen masih menggunakan proses produksi yang konvensional. Peralatan yang digunakan merupakan peralatan kuno dari zaman Belanda, misalnya kuali besar yang digunakan untuk mengaduk sirup. Selain proses pembuatannya yang masih tradisional, sirup ini juga masih menggunakan gula asli untuk memberikan rasa manis pada sirupnya, bukannya pemanis buatan. Rasa manisnya yang khas inilah yang membuat Siropen masih diminati pasar walaupun sudah berdiri sejak lama.

Varian Rasa S

Saat in, Siropen meluncurkan dua jenis sirup sesuai kekentalan, sirup telasih dan sirup premium. Sebagai sirup yang dikhususkan untuk oleh-oleh khas Surabaya, sirup premium dikemas dalam kemasan yang elegan, bentuk botolnya seperti botol wine dan dilengkapi dengan kotak kemasan agar lebih mudah dibawa sebagai buah tangan. Sirup premium ini memiliki berbagai varian rasa untuk menyesuaikan selera pasar, di antaranya:

  1. Delima
  2. Grape
  3. Blueberry
  4. Manggis
  5. Cocopandan
  6. Mawar

Kini Lebih Mudah Didapatkan

Disurabaya.id memudahkan Anda dalam mendapatkan Siropen tanpa perlu datang ke pabriknya. Anda hanya perlu memesan melalui website disurabaya.id, masukkan pesanan Anda ke keranjang belanja, lalu jalani prosedur pemesanan. Selain melalui website disurabaya.id, Anda juga bisa memesan melalui aplikasi Whatsapp ke nomor 0811 2500 180 dengan menyertakan produk yang ingin dipesan serta keterangan pribadi. Bisa juga dengan menelepon ke nomor 1500 180.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa dilihat di website disurabaya.id, bisa juga melalui instagram kami disurabaya.id, atau melalui facebook dengan mengunjungi halaman disurabaya.id.

Selain kemudahan dalam pemesanan, disurabaya.id juga menyediakan layanan antar bebas biaya untuk area Surabaya dan sekitarnya.

Pionir Sambel Botolan – Sambal Bu Rudy

Jika berbicara tentang Surabaya, maka tak boleh melewatkan depot yang menjadi ikon kota Surabaya, Depot Bu Rudy. Depot yang terletak di Jalan Dharmahusada no. 140 ini menyajikan berbagai masakan khas jawa. Yang paling terkenal dari depot ini adalah sambalnya. Sambal ini telah terkenal di seluruh kalangan, mulai dari rakyat kecil hingga presiden. Rasanya yang enak dan unik ini sangat digemari seluruh masyarakat. Tak heran, jika sambal rumahan ini mampu menjadi produk komersil yang laku di pasaran.

Berawal dari warung mobil pada tahun 2000. Saat itu, Bu Rudy hanya menjual nasi pecel Madiun dan nasi campur. Teman dan kerabat yang pernah mencicipi sambal bawang Bu Rudy pun menyarankan untuk memasukkan sambal tersebut sebagai menu tambahan. Semakin hari, peminatnya semakin bertambah banyak, maka diciptakanlah sambal dalam kemasan botol yang berlogokan Bu Rudy. Botolnya sendiri dibuat eksklusif untuk sambal Bu Rudy, sehingga tidak bisa dipalsukan.

Sambal ini terdiri dari 3 macam:

  1. Sambal Bu Rudy varian bawang

Sambal bawang memiliki ciri tutup botolnya berwarna kuning. Sambal yang hanya terdiri dari bawang, cabai, garam, dan minyak ini menjadi sambal favorit para pembeli. Sambal bawang dibuat dengan bahan-bahan baku pilihan dan segar. Bu Rudy, atau yang nama aslinya Lanny Siswadi ini memilih menggunakan cabai dan bahan-bahan lain yang fresh meskipun harga cabai sedang mahal. Bu Rudy ingin selalu memberikan yang terbaik untuk pelanggannya. Cabai didatangkan dari kota-kota lain. Setidaknya dalam sehari dibutuhkan sekitar 400 kg cabai untuk memproduksi sekitar 2000 botol sambal. Belum lagi bahan-bahan lain seperti bawang merah dan putih. Jumlahnya juga tak kalah banyak tentu saja.

  1. Sambal Bu Rudy varian bajak

Sambal dengan ciri tutup botol berwarna merah ini terbuat dari terasi. Jangan tanya soal rasa pedasnya. Sekali Anda mencoba dijamin ketagihan. Enaknya semakin sempurna karena rasa pedasnya. Banyak yang bilang sambal bajak bu rudy pedas banget. Cocok untuk makan dengan nasi hangat dan lauk telur ceplok atau yang lain. Yang pasti sambal bajak betul-betul enak dan nikmat. Anda layak mencobanya.

  1. Sambal Bu Rudy varian peda

Sambal Peda berbeda dari dua sambal yang telah dijelaskan tadi. Sambal peda banyak yang bilang tidak pedas karena menggunakan cabe hijau dan rasanya dominan rasa ikan. Sebagai cirinya sambal ini bertutup botol warna hijau sesuai dengan bahan dasarnya. Sejauh ini sambal ijo lebih bersifat sebagai pelengkap. Hal itu karena mungkin orang tahu sambal peda tidak pedas. Orang membeli sambel umumnya karena ingin merasakan sensasi pedas sambel itu.

Setiap hari depot Bu Rudy sangat ramai dan kesulitan dalam mendapatkan tempat untuk parkir. Untuk itu, disurabaya.id membantu Anda untuk mendapatkan sambal istimewa ini dengan lebih mudah tanpa perlu mendatangi depotnya. Anda bisa memesan melalui website disurabaya.id, masukkan pesanan Anda ke dalam keranjang belanja, lalu lakukan pemesanan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi whatsapp ke nomor 0811 2500 180 dengan menyertakan keterangan pribadi dan produk yang ingin dipesan. Bisa juga menelepon ke nomor 1500 180.

Disurabaya.id menyediakan layanan antar bebas biaya untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Anda hanya perlu duduk santai di rumah, lakukan pemesanan tanpa perlu mengantri, dan nantikan pesanan Anda. Tunggu apa lagi? Ayo pesan sekarang!

Lapis Kukus Pahlawan – Lapis Dengan Harga Terbaik

Jika berkunjung ke Surabaya, jangan lupa membawa pulang cinderamata untuk kerabat yang menanti di kampung halaman. Tak perlu bingung untuk memilih oleh-oleh mana yang harus dibeli, Lapis Kukus Surabaya Pahlawan bisa menjadi pilihan untukmu. Kenapa Lapis Kukus Surabaya Pahlawan bisa menjadi pilihan? Selain harganya yang murah, Lapis Kukus Surabaya Pahlawan ini berbeda dari kue lapis biasanya. Kue lapis ini terbuat dari singkong, hal inilah yang membuatnya istimewa.

Lapis Kukus Surabaya Pahlawan pertama kali dibuat pada 22 September 2015 di depot Bu Rudy di Jalan Dharmahusada no. 140 dengan jumlah produksi yang masih terbatas. Rasanya yang lembut, manis, dan tidak eneg ini menarik perhatian para pengunjung. Akhirnya, kue lapis ini membuka outlet sendiri di Jalan Kutai no. 53 dan memiliki mitra resmi di mana-mana.

Saat ini, Lapis Kukus Surabaya Pahlawan telah memproduksi 4 jenis varian rasa:

  1. Original

paduan coklat dan kuning telor pada roti nya serta topping krim dan keju yang tebal, membuat varian lapis kukus original disukai oleh semua kalangan.

  1. Cocopandan

Aroma wangi pandan dan rasa manisnya membuat varian ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat di Surabaya

  1. Brownies kukus

Dengan campuran coklat yang lebih banyak dan tambahan coklat lumer di bagian tengahnya, membuat varian lapis kukus brownies disukai oleh kawula muda.

  1. Cheese

Bagi pecinta keju, varian ini adalah pilihan yang paling cocok. Varian ini menyajikan keju yang lebih banyak daripada varian yang lain tanpa memberikan rasa eneg.

Seluruh varian rasa ini kini dapat kamu dapatkan dengan mudah tanpa harus mendatangi outletnya. Cukup dengan memesan secara online melalui website disurabaya.id, masukkan pilihanmu ke keranjang belanja, lalu lakukan pemesanan. Selain itu, kamu juga bisa memesan melalu whatsapp 0811 2500 180, atau menelepon ke nomor 1500 180. Disurabaya.id juga menyediakan layanan antar bebas biaya ke area Surabaya dan sekitarnya.

Males Masak? Akalin Aja Dengan OTAJI!

OTAJI merupakan singkatan dari Oseng Tuna Asap Jeng Intan yang sudah berkembang sejak beberapa tahun lalu. Semenjak kemunculannya, Otaji sudah menjadi primadona di beberapa kota besar, sebut saja Jakarta.

Oseng tuna asap atau kita singkat dengan OTA merupakan makanan siap saji yang gampang sekali dihidangkan dan terbuat dari ikan tuna asli. Komposisi utamanya adalah ikan tuna, gula, dan garam yang melalui proses oseng dengan minyak. Kelebihan otaji dibanding dengan makanan siap saji lainnya adalah bahwa otaji ini tidak mengandung pengawet dan tidak mengandung MSG atau micin. Pun mereka dapat bertahan selama lebih dari 2 bulan di luar kulkas. Kemasannya dilengkapi dengan aluminum foil sebagai penutup sehingga otaji ini tahan terhadap suhu dan perubahan lingkungan.

Berbagai kelebihan yang disediakan Otaji menjadikan oseng tuna asap ini sebagai salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang paling sering dicari. Oseng tuna asap jeng intan ini sendiri terdiri dari dua varian rasa, yaitu pedas dan original. Sehingga untuk konsumen yang tidak tahan pedas juga bisa menikmati oseng tuna asap ini. Selain varian rasa pedas dan original, Otaji juga hadir dalam beberapa ukuran, yaitu 250 gram dan 500 gram.

Untuk harganya seperti tertera di bawah ini:

  1. Otaji original 250 gr (40k)
  2. Otaji pedas 250 gr (40k)
  3. Otaji original 500 gr (65k)
  4. Otaji pedas 500 gr (65k)

Kalau untuk rasa sudah tidak perlu diragukan lagi, semua itu dibuktikan dengan omset penjualan Otaji yang selalu melebihi target. Untuk itu langsung aja pesan oseng tuna asap satu ini dengan cara:

  1. Mampir ke website disurabaya.id dan pilih produk oleh-oleh khas Surabaya favorit kamu, lalu masukkan keranjang dan lakukan pembelian sesuai petunjuk
  2. Kirim pesan via whatsapp ke nomor 0811 2500 180 atau lakukan panggilan ke nomor 1500 180 untuk pesan oseng tuna asap jeng intan atau sekedar tanya-tanya seputar oleh-oleh khas Surabaya yang tersedia di disurabaya.id
  3. Langsung mendatangi toko disurabaya.id di jalan Mulyosari No. 376, Surabaya untuk melihat langsung produk apa saja yang disediakan.

Nah, tunggu apalagi? Langsung aja pesan sekarang juga sebelum kamu ketinggalan hits-nya oleh-oleh khas Surabaya satu ini.

Makaroni OK? Macok Dong!

Kriiing bunyi bel istirahat pasti bikin kamu yang awalnya ngantuk jadi seger, yay makan! Beli apa ya di kantin, banyak banget pilihan, ada kue basah kayak lumpia, risoles, pukis, dan roti sampai kue kering juga bervariasi, mulai lidi, krupuk, chiki, sampai makaroni yang udah jadi favorit juga ada lho. Enak dan murah banget siih, jadinya banyak yang beli, tapiiii kata orangtua kamu pasti ga boleh deh makaroni banyak-banyak karena micin dan digoreng jadi pasti bikin batuk! Duh, tapi lagi pengen banget nih makaroni, beli dimana ya yang pasti sehat dan ga bikin tenggorokan gatel?

 

Macok makaroni sekarang datang untuk mengatasi permasalahan buat kamu yang doyan banget jajanan makaroni tapi ga mau tenggorokan gatel atau serik! Proses pembuatan yang berbeda dengan makaroni jalanan yang cuma digoreng, yaitu dengan cara dioven, melindungi tenggorokan konsumen, terutama yang tenggorokannya sensitif. Dengan harga yang terjangkau, yaitu cukup 10.000 aja, kamu udah bisa dapetin sebungkus loh. Ada berbagai varian rasa yang disediakan, yaitu di antaranya:

1.Keju

Makaroni keju, dengan rasa keju yang cenderung asin dan sama sekali ga pedas, pilihan rasa ini cocok banget buat kamu yang ga tahan pedes.

2. Keju Pedas

Ga cuma rasa keju biasa aja, macok makaroni juga menyediakan varian rasa keju pedas yang pastinya jadi pilihan buat kamu yang doyan keju dan ga bisa makan tanpa rasa pedas, alias spice addict!

3. Jeruk Pedas

Nah buat yang doyan paduan rasa jeruk dan rasa lombok, macok makaroni menyediakan varian jeruk pedas lhoh! Penasaran ga rasanya kayak apa? Makanya buruan pesen deh.

4. Bawang

Nah ini buat yang doyan kesedapan yang dibawa oleh bawang, bumbu dapur yang ampuh banget untuk nyiptain rasa sedep ini juga menjadi varian rasa yang ga kalah saing dengan rasa lain.

5. Pedas

Buat kamu yang pengen rasa original aja, karena kangen dengan rasa makaroni yang dulu sering kamu beli pas SD atau SMP, Macok makaroni juga nyediain kok, yaitu makaroni pedas

6. Super Pedas

Ini kusus buat kamu yang tahan rasa penyiksaan super pedas ya, macok nyediain rasa Super Pedas yang jelas jauh lebih pedas dibanding rasa Pedas yang biasa.

Tuh ga kurang-kurang kan variasi rasanya, mulai dari yang asin, pedes, sampai sedep, pokoknya mantab lah! Tambah lagi dengan proses pembuatan yang dipanggang di oven, jadi ga akan bikin tenggorokan kamu gatal atau serik ya.

Nah buat kamu yang ga sempet nyari tokonya, bisa kok pesen online! Caranya:

  1. kunjungi website disurabaya.id dan pesen produk sesuai pilihan kamu
  2. whatsapp 0811-2500-180 atau telepon 1500-180 untuk tentuin orderan kamu atau tanya-tanya seputar oleh-oleh khas Surabaya juga bisa
  3. langsung datang aja ke Jl. Mulyosari no. 376, Surabaya untuk pilih oleh-oleh khas Surabaya kesukaan kamu

banyak banget lho pilihan oleh-oleh di disurabaya.id jadi kalian cek aja, atau whatsapp juga boleh. Ohya, untuk area Surabaya dan sekitarnya kita gratisin lho ongkirnya!

Pie Ning Ana, Pie Khas Kota Surabaya

Anda suka pie? Suka dengan rasa gurih manis yang bercampur dengan aneka rasa di setiap gigitannya? Kini, tak perlu jauh-jauh ke Pulau Bali untuk merasakan sensasi pie yang terkenal enaknya itu. Ada Pie Ning Ana, pie khas Surabaya dengan sensasi berbeda. Bahan dasar berupa tepung terigu dan tepung telo membuat aroma telo (ubi jalar) cukup kental.

Pie Ning Ana memiliki 6 rasa dengan kekhasan masing-masing. Keenam rasa tersebut antara lain:

  1. Rasa pisang adalah rasa favorit para pembeli Pie Ning Ana. Paduan krim rasa pisang dan taburan choco chips membuat penikmat pisang akan ketagihan di setiap gigitannya.
  2. Rasa brownies menghadirkan sensasi paduan krim susu dan rasa brownies kental di lapisan mangkuknya. Perpaduan yang pas akan menghadirkan sejumput rasa brownies berpadu dengan rasa susu yang kental. Bagi penikmat bownies, tak ada salahnya menikmati pie rasa brownies ini.
  3. Penikmat coklat susu bisa mencoba rasa coklat dari Pie Ning Ana Surabaya ini. Taburan krim coklat di tengah pie membuat rasa coklat cukup kental dalam rasa ini.
  4. Coklat kacang. Jika masih belum puas dengan rasa coklat, ada rasa coklat kacang dalam Pie Ning Surabaya. Tambahan butiran kacang di tengah mangkuk pie, membuat paduan rasa coklat dan kacang sangat enak untuk dinikmati.
  5. Bagi penikmat pie susu dengan rasa original, Pie Ning Ana juga menyediakan rasa susu yang kental. Pie rasa susu ini juga favorit para penikmat pie susu rasa original.
  6. Campuran (mix). Rasa berbeda coba dihadirkan oleh Pie Ning Ana ini yakni adanya 4 varian rasa yang dicampur dalam satu kemasan. Keempat varian rasa itu adalah strawberry, telo ungu, coklat dan vanilla.

Keenam rasa pie tersebut dapat menjadi pilihan sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Pie Ning Ana yang cocok dijadikan camilan maupun disajikan untuk tamu ini juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh untuk tamu maupun kerabat dari luar kota. Dengan berbagai macam varian rasa, membuat siapa saja yang merasakan gigitan pertamanya akan selalu ketagihan untuk selalu mencobanya.

Tak perlu risau juga jika tak sempat membeli aneka buah tangan tersebut jika sedang mampir di Surabaya. Pusat oleh-oleh disurabaya.id menjadi pilihan membeli oleh-oleh khas kota pahlawan dengan waktu terbatas. Ada layanan gratis antar di hotel/bandara/rumah yang bisa dicoba. Dengan menghubungi layanan 1500 180 dan  WA  0811 2500 180, dapatkan aneka promo menarik paket oleh-oleh disurabaya.id. Tunggu apa lagi, nikmati kedamaian wisata di Surabaya dan jangan lupa beli oleh-olehnya disurabaya.id.

10 Hal yang dapat Kamu Lakukan di Surabaya

Sudah pernah ke Surabaya? Sudah datang ke tempat wisata atau tempat nongkrongnya? Sudah pernah mencicipi kuliner dan oleh-oleh khas Surabaya? Nah jika pergi ke Surabaya, jangan lewatkan melakukan hal-hal ini. Banyak tempat di Surabaya yang bisa dijadikan hiburan atau sekedar mengisi waktu luang. Inilah hal-hal yang dapat kamu lakukan ketika mengunjungi Surabaya.

  1. Berfoto di Patung Sura dan Buaya

Surabaya memiliki ikon berupa ikan sura dan buaya yang menjadi lambang kota ini. Ada banyak ikon ikan Sura dan Buaya yang dapat kamu temukan di setiap sudut Surabaya. Salah satu patung Sura dan Buaya yang menjadi favorit para pengunjung yang datang ke Surabaya adalah patung di depan Kebun Binatang Surabaya. Selain patung Sura dan Buaya, di sini juga terdapat air mancur yang mendukung suasana untuk berfoto.

  1. Menikmati Restorasi Jalan Tunjungan
Gambar : ikromzzzt.xyz

Pernah dengar lagu Rek Ayo Rek? Nah di dalam lagu itu tersimpan memori asyiknya berjalan-jalan di Jalan Tunjungan. Saat ini, jalan Tunjungan telah mengalami restorasi. Pembenahan di sepanjang jalan ini membuat Jalan Tunjungan menjadi ikon di Surabaya. Menelusuri Jalan Tunjungan bisa dimulai di simpang Jalan Embong Malang hingga berakhir di Gedung Siola, saksi bisu kejayaan masa silam Surabaya. Ketika menyusuri Jalan Tunjungan, memori masa lalu Surabaya bisa kita nikmati. Ada Monumen Pers, Hotel Majapahit tempat peristiwa bersejarah perobekan bendera Belanda, hingga aneka gedung lama yang masih terawat. Tak hanya di siang hari, Jalan Tunjungan juga bisa dinikmati saat senja dan malam hari. Gemerlap lampu yang semarak akan menambah suasana mengenang memori Jalan Tunjungan.

  1.  Berpetualang di Hutan Mangrove Surabaya
Gambar : ikromzzzt.xyz

Tak hanya wisata kota, Surabaya juga punya wisata alam berupa hutan mangrove. Ekowisata ini berada di daerah Wonorejo, Surabaya Timur. Kita bisa berfoto di berbagai spot yang dihiasi oleh rimbunnya pohon mangrove sambil menikmati kesegaran Surabaya. Jika ingin mendapatkan hasil yang sempurna, ada jejeran tukang foto yang menyediakan jasanya. Bila masih belum puas, kita bisa menyewa perahu menyeberangi perairan payau menuju Selat Madura. Di sana, kita bisa melihat aneka ragam flora dan fauna yang tersebar di hutan mangrove ini. Kalau sedang beruntung, beberapa ekor elang jawa juga bisa kita temui di sini.

  1. Mengunjungi Tugu Pahlawan

Selain ikan sura dan buaya, ikon dari Kota Surabaya adalah Tugu Pahlawan. Tak lengkap rasanya kalau tak ke Surabaya tanpa mengunjungi tugu ini. Kita bisa berfoto di depan tugu dan di beberapa bekas kendaraan perang yang dipajang di sisi kiri dan kanan tugu. Di bagian bawah tugu pahlawan juga terdapat aneka diorama yang menceritakan peristiwa heroik pertempuran 10 November 1945. Terdapat pula radio yang menyiarkan gelora semangat Bung Tomo dalam membakar jiwa kepahlawanan Arek-Arek Suroboyo. Suara asli Bung Tomo dapat kita dengarkan yang akan menambah semangat dalam mengenal perjuangan para pahlawan.

  1. Menikmati Sore Eksklusif di Food Junction Grand Pakuwon
Gambar : ikromzzzt.xyz

Di Surabaya ada tempat asyik untuk dikunjungi. Food Junction Grand Pakuwon namanya. Tempat ini merupakan food court yang dikemas dengan sensasi berbeda. Jajaran tempat makan yang berada di tepi danau dengan dihiasi bianglala dan air mancur membuat siapa saja betah berlama-lama datang ke sana. Di sini kita juga bisa menikmati senja Surabaya dengan menyewa perahu bebek untuk mengelilingi danau ini. Berfoto di tepi danau dengan latar belakang bianglala juga bisa jadi alternatif. Tak hanya itu, aneka fasilitas yang memanjakan pengunjung juga tersedia di sini. Ada mobil listrik, kereta mini, hingga permainan trampolin.

  1. Berbelanja di Pasar Grosir

Salah satu magnet pengunjung datang ke Surabaya adalah berbelanja. Aneka pusat perbelanjaan, baik tradisional maupun modern tersebar di berbagai penjuru kota. Beberapa diantara telah terkenal sebagai sentra penjualan bahan pakaian dan garmen. Ada Pasar Turi, Pasar Wonokromo (DTC), hingga ITC Mega Grosir. Jangan lupa pula untuk mengunjungi Jembatan Merah Plaza jika ingin berburu kain dengan harga yang miring. Tak perlu risau untuk menuju lokasi pasar-pasar tersebut karena letaknya dekat dengan pusat kota dan dilewati oleh kendaraan umum.

  1. Uji Nyali di Museum Santet
Gambar : ikromzzzt.xyz

Jika kamu punya nyali yang cukup tinggi tak ada salahnya untuk mengunjungi tempat satu ini. Museum santet atau lebih dikenal dengan Museum Kesehatan Surabaya menyimpan aneka koleksi alat kesehatan dan berbagai metode kesehatan dari zaman lampau hingga masa sekarang. Museum yang berada di bilangan Jalan Indrapura ini hanya mematok tarif sebesar 1500 rupiah bagi pengunjung untuk melihat aneka koleksi tersebut. Ada alat bedah zaman dulu, berbagai macam sejarah penyakit, hingga berbagai bentuk pengobatan tradisional. Yang menjadi daya tarik adalah adanya boneka jelangkung yang dipercaya bisa mengobati aneka penyakit. Meski ada hal-hal yang bersifat gaib, mengunjungi museum ini juga bisa menambah wawasan seputar dunia kesehatan.

  1. Bersantai di Taman-Taman Kota Surabaya

Kota Surabaya memiliki aneka taman yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ada Taman Bungkul, Taman Apsari, Taman Sejarah,  Taman Prestasi, dan taman-taman lainnya. Aneka taman tersebut menyediakan fasilitas cukup lengkap seperti MCK yang bersih. Fasilitas lain seperti air mancur dan aneka spot foto juga bisa kita nikmati.

  1. Menikmati Keindahan Laut Lepas di Surabaya North Quay
Gambar : ikromzzzt.xyz

Surabaya memiliki tempat wisata baru yakni Surabaya North Quay. Tempat ini merupakan dermaga berlabuhnya kapal-kapal di Pelabuhan Tanjung Perak. Dermaga ini telah dipermak sedemikian rupa sehingga cukup apik jika digunakan sebagai tempat nongkrong atau berfoto dengan latar lepas pantai Surabaya. Jika malam tiba, tempat ini akan semakin ramai karena ada pertunjukan musik dari musisi Surabaya. Di bagian dalam dermaga ini terdapat food court yang menjajakan aneka kuliner khas Surabaya.

  1. Berbelanja Oleh-oleh Khas Surabaya

Tak lengkap rasanya jika datang ke Surabaya tanpa berburu oleh-oleh. Sebagai kota terbesar di Jawa Timur, Surabaya memiliki aneka oleh-oleh khas. Aneka oleh-oleh khas Surabaya bisa dijadikan pilihan sebagai kenangan setelah mengunjungi kota ini. Ada Lapis Kukus Surabaya, Almond Crispy, hingga aneka camilan yang menggoda lidah. Jika ingin menikmati pedasnya sambal khas Surabaya, jangan khawatir. Ada sambal Bu Rudy yang sudah terkenal di seluruh Indonesia.

Tak perlu risau juga jika tak sempat membeli aneka buah tangan tersebut jika sedang mampir di Surabaya. Pusat oleh-oleh disurabaya.id menjadi pilihan membeli oleh-oleh khas kota pahlawan dengan waktu terbatas. Ada layanan gratis antar di hotel/bandara/rumah yang bisa dicoba. Dengan menghubungi layanan 1500 180 dan  WA  0811 2500 180, dapatkan aneka promo menarik paket oleh-oleh disurabaya.id. Tunggu apa lagi, nikmati kedamaian wisata religi di Surabaya dan jangan lupa beli oleh-olehnya disurabaya.id, pusatnya oleh-oleh Surabaya.

  

 

5 Wisata Religi Kota Surabaya Pendamai Hati yang Harus Dikunjungi

Jika datang ke Surabaya, tak lengkap rasanya tanpa melakukan wisata religi. Sebagai kota yang memiliki sejarah panjang, banyak wisata religi yang sayang jika dilewatkan. Tak hanya tempat wisata religi bagi umat muslim saja, tempat wisata religi bagi umat non-muslim juga ada di Surabaya. Apa saja wisata religi di Surabaya yang bisa dikunjungi? Simak ulasan berikut ini.

  1. Makam Mbah Bungkul
Gambar : Ngelayap.id

 

Salah satu tujuan utama wisata religi di Surabaya adalah Makam Mbah Bungkul. Siapakah Mbah Bungkul? Menurut beberapa sumber sejarah, beliau adalah tokoh ulama yang bisa disebut sunan. Mbah Bungkul adalah penyebar ajaran agama Islam di Surabaya. Konon, Mbah Bungkul atau Sunan Bungkul adalah seorang bangsawan yang berasal dari Kerajaan Majapahit. Setelah Islam masuk ke Majapahit, banyak bangsawan yang ikut memeluk agama Islam. Salah satunya Mbah Bungkul ini yang memiliki nama asli Ki Ageng Supo atau Mpu Supo. Selepas masuk Islam, namanya berganti menjadi Ki Ageng Mahmuddin.

Banyak masyarakat datang untuk berziarah ke makam Mbah Bungkul ini. Tak hanya dari Surabaya dan sekitarnya saja, para peziarah juga berasal dari berbagai kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jika bulan Ramadhan atau liburan tiba, maka pengunjung bisa semakin banyak. Rombongan pengunjung juga memadati Makam Mbah Bungkul ketika ada event-event tertentu, semisal Malam Suro atau Haul Mbah Bungkul. Kharisma dari Mbah Bungkul menjadi daya tarik tempat wisata religi ini.

Makam Mbah Bungkul sendiri berada di sekitar Taman Bungkul yang juga menjadi obyek wisata andalan Kota Surabaya. Tak jauh dari Kebun Binatang Surabaya, pengunjung bisa mencapai tempat ini menuju Jalan Raya Darmo. Di belakang Taman Bungkul inilah, makam sang sunan berada. Jadi, jika Anda ingin menyempatkan diri untuk berziarah ke Makam Mbah Bungkul, maka Anda juga bisa sekalian bersantai sejenak di Taman Bungkul dan menikmati rindangnya pepohonan di kawasan hijau Kota Surabaya ini.

  1. Makam Sunan Ampel
Gambar : http://abiummi.com/

 

Sunan Ampel merupakan salah satu anggota Wali Songo yang bernama asli Raden Rahmat. Beliau merupakan penyebar agama Islam di pesisir Surabaya dengan daerah pesantrennya bernama Ampeldenta. Makam Sunan Ampel sendiri tak jauh dari garis pantai Surabaya, tepatnya di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir. Makam ini juga dekat dengan kawasan Jembatan Merah yang berada di sebelah utara kawasan ini. Dari arah Pelabuhan Tanjung Perak juga tak terlalu jauh yakni hanya berada sekitar 2 km.

Kompleks Makam Sunan Ampel terdiri dari beberapa area makam. Selain makam sang sunan, ada pula makam kerabat dekatnya, para pengikut setia, hingga para santrinya. Ada makam istri pertamanya yang bernama Nyai Condrowati, salah satu putri keturunan Raja Majapahit Brawijaya V. Nah yang unik dan menjadi daya tarik wisata religi ini adalah Makam Mbah Soleh. Mbah Soleh merupakan pengikut Sunan Ampel yang setia membersihkan area pesantren. Keunikan dari cerita Mbah Soleh adalah kematiannya yang sebanyak sembilan kali. Jadi, makam Mbah Soleh ada sembilan buah yang terletak tak jauh dari makam Sunan Ampel.

Kompleks Makam Sunan Ampel juga menjadi jujugan utama wisata religi Kota Surabaya. Tak hanya berziarah, para pengunjung juga menikmati arstitektur Masjid Ampel yang cukup unik. Keunikannya adalah terdapat ukiran kuno pada tiap tiang penyangga. Ukiran ini berasal dari peninggalan zaman Majapahit yang bermakna Keesaan Tuhan. Tak hanya itu, ada sekitar 48 pintu yang masih asli, dengan diameter 1,30 meter, dan juga tinggi sekitar 2 meter. Waktu yang menjadi favorit para pengunjung mengunjungi kawasan religi Makam Sunan Ampel adalah saat malam jumat legi. Pada malam ini, ribuan peziarah akan datang untuk membaca yasin dan tahlil.

  1. Masjid Cheng-Ho
Gambar : pegipegi.com

 

Surabaya juga memiliki tempat wisata religi yang unik berupa masjid. Tak seperti masjid pada umumnya, Masjid Cheng-Ho ini memiliki keunikan dalam arsitekturnya. Keunikannya adalah bentuk bangunannnya yang mirip dengan bentuk bangunan Klenteng. Nama masjid ini diambil dari nama Laksamana Cheng Ho alias Sam Poo Kong yang merupakan penyebar agama Islam dari Tiongkok saat mengunjungi Majapahit.

Masjid yang didirikan oleh organisasi Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) ini berada tak jauh dari Gedung Balaikota Surabaya yakni berada di Jalan gading, Genteng, Surabaya. Diresmikan pada 13 Oktober 2002, Masjid ini tak hanya diperuntukkan bagi kaum muslim Tionghoa saja, namun juga bagi kaum muslim yang akan melakukan wisata religi di Kota Surabaya.

Dengan dominasi warna merah, hijau dan kuning serta ornamen nuansa Tiongkok yang kental membuat para pengunjung akan kagum dengan keindahan arsitekturnya. Pintu masjid ini berbentuk seperti pagoda. Di puncak pagoda tersebut, ada relief naga dan patung singa dari lilin dengan lafaz Allah. Tak heran, selain sebagai rumah ibadah dan tempat wisata religi, Masjid Cheng-Ho juga menjadi favorit untuk mengabadikan momen ketika berkunjung ke Surabaya.  

  1. Klenteng Hok An Kiong
Gambar : Situsbudaya.id

 

Surabaya juga memiliki bangunan suci bagi umat Kong Hu Chu, Buddha, dan Tao. Salah satunya adalah Klenteng Hok An Kiong. Klenteng yang berada di daerah Pabean Cantikan Kota Surabaya ini merupakan salah satu klenteng tertua di Surabaya. Namun, di balik kemegahan klenteng ini ternyata ada cerita unik di balik pembangunannya.

Pada mulanya, klenteng ini dibangun bukan digunakan untuk tempat peribadatan. Letaknya yang berada dekat dengan kawasan Kota Bawah Surabaya yang kala itu menjadi pintu masuk laut kota ini, membuatnya dijadikan penampungan awak kapal dari Tiongkok. Pada masa tersebut, banyak pedagang Tiongkok yang merantau ke Surabaya. Para awak yang datang itu membawa patung Ma Co Po. Kelak, bangunan persinggahan ini dijadikan klenteng.

Klenteng ini cukup ramai dikunjungi oleh umat Tri Dharma. Pada malam perayaan imlek dan hari Cap Go Meh klenteng ini juga ramai dipadati wisatawan religi yang tak hanya berasal dari Surabaya saja. Berbagai perayaan digelar untuk menghormati para dewa dan arwah para leluhur.

  1. Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria
Gambar : Rooang.com

 

Surabaya memang gudangnya aneka tempat wisata religi. Bagi umat Katolik, destinasi wisata religi juga ada di Surabaya. Ada sebuah gereja kuno yang dapat dijadikan tujuan utama wisata religi, yakni Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria. Beralamat di Jalan Kepanjen, Krembangan, Kota Surabaya membuat gereja ini sering dijuluki Gereja Kepanjen.

Ada beberapa keunikan dari gereja yang berdiri megah dengan balutan batu bata klasik Eropa serta pilar-pilarnya yang menjulang setinggi 12 meter ini. Salah satunya adalah gaya Neo Gotik yang berciri utama rose window (jendela berbentuk bundar) di setiap sisinya. Kaca mozaik yang melindungi gereja memiliki arti perjalanan  Kristus dan murid-Nya dalam menebar ajaran kebaikan. Tak hanya itu, atap pada bangunan ini memiliki bentuk seperti anak panah. Pemakaian ornamen kaca mozaik menjadi penyempurna bangunan bersejarah ini.

Nah, itulah lima wisata religi di Kota Surabaya. Agar perjalanan di kota ini berkesan, tak ada salahnya untuk membeli buah tangan di Surabaya. Aneka oleh-oleh khas Surabaya bisa dijadikan pilihan dalam mengenang perjalanan religi di kota ini. Ada Lapis Kukus Surabaya, Almond Crispy, hingga aneka camilan yang menggoda lidah. Jika ingin menikmati pedasnya sambal khas Surabaya, jangan khawatir. Ada sambal Bu Rudy yang sudah terkenal di seluruh Indonesia.

Tak perlu risau juga jika tak sempat membeli aneka buah tangan tersebut jika sedang mampir di Surabaya. Pusat oleh-oleh disurabaya.id kini menjadi pilihan membeli oleh-oleh khas kota pahlawan dengan waktu terbatas. Ada layanan gratis antar di hotel/bandara/rumah yang bisa dicoba. Dengan menghubungi layanan 1500 180 dan  WA  0811 2500 180, dapatkan aneka promo menarik paket oleh-oleh disurabaya.id. Tunggu apa lagi, nikmati kedamaian wisata religi di Surabaya dan jangan lupa beli oleh-olehnya disurabaya.id, pusatnya oleh-oleh Surabaya.    

 

10 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Menunggu Boarding Pesawat Terbang

Gambar : makansampaikenyang.com

 

Bepergian dengan pesawat terbang memang menyenangkan. Selain lebih cepat sampai tujuan, ada banyak pengalaman yang bisa dirasakan. Melihat awan, pemandangan dari atas, hingga bertemu dengan banyak orang baru. Tapi, tak selamanya bepergian dengan pesawat terbang menyenangkan. Adakalanya pesawat tujuan kita mengalami keterlambatan atau bahkan gagal berangkat. Akibatnya, waktu tunggu untuk boarding pesawat terbang menjadi lama. Kalau sudah begini, rasa bosan akan menyerang. Terlebih, jika waktu tunggu yang lama dan bisa berjam-jam. Pengalaman naik pesawat terbang akan terasa menjemukan.

Nah, bagaimana cara agar tak bosan menunggu boarding pesawat terbang? Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Berikut diantaranya.

  1. Memanfaatkan internet gratis

Hampir semua bandara kini dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis. Sambil menunggu keberangkatan pesawat, kamu bisa memanfaatkan layanan ini. Mencari informasi seputar cuaca, mengecek sosial media, melihat video di Youtube, hingga mendapatkan hotel dan penginapan. Kamu juga bisa mencari oleh-oleh yang tepat dari tempat tujuan. Bahkan, beberapa bandara menyediakan komputer publik yang dapat digunakan oleh penumpang untuk memperoleh informasi. Manfaatkan fasilitas internet gratis ini dengan sebaik-baiknya.

  1. Membaca

Kegiatan yang juga dapat dilakukan  sambil menunggu boarding pesawat adalah membaca. Bawalah buku kesukaan secukupnya. Bisa berupa novel, komik, majalah, dan lain sebagainya. Waktu menunggu pun tak akan menjadi sia-sia. Jika tak membawa buku, manfaatkan internet gratis untuk mencari bahan bacaan online. Kita juga dapat membaca  dan mempelajari tentang tempat yang akan kita tuju. Baik berupa destinasi wisata, kuliner, oleh-oleh, maupun segala aktivitas yang dilakukan.

  1. Melihat Film

Jika waktu tunggu boarding cukup lama dan berjam-jam, kamu dapat menonton film untuk membunuh kejenuhan tersebut. Film yang kamu tonton akan membuat rasa bosan karena menunggu menjadi hilang. Tak akan terasa lagi waktu panjang dan tiba-tiba saja pesawat kita sudah siap berangkat. Namun, jangan sampai keasyikan melihat film membuat lupa mendengar informasi mengenai keberangkatan pesawat terbang. Meski asyik melihat film, perhatikan juga informasi yang diumumkan oleh otoritas bandara dengan seksama.

  1. Memanfaatkan kursi pijat

Beberapa bandara menyediakan fasilitas berupa kursi pijat yang dapat dimanfaatkan untuk sekedar menghilangkan kepenatan dan rasa capek akibat menunggu boarding pesawat. Dengan memanfaatkan kursi pijat ini, rasa penat akan hilang. Namun, tetap selalu ingat dengan jadwal keberangkatan pesawat. Tak hanya itu, perhatikan pula penumpang lain yang juga ingin merasakan hal yang sama. Saling pijat dengan teman atau keluarga juga bisa dilakukan agar menunggu boarding pesawat tidak menjemukan.

  1. Minum Kopi

Hampir semua bandara menyediakan kafe atau kedai kopi. Nah ngopi di kafe atau kedai kopi juga bisa dilakukan sambil menunggu boarding pesawat. Seduhan kopi hangat dapat membuat semangat yang hilang menjadi segar kembali. Racikan kopi yang pas juga bisa menambah antusias dalam perjalanan. Meski begitu, perhatikan juga waktu saji kopi yang dihidangkan. Jangan sampai terlalu lama yang akan membuatmu tak cukup waktu untuk melakukan persiapan sebelum  boarding pesawat.

  1. Jalan-Jalan dan Cuci Mata

Daripada bosan menunggu boarding pesawat, tak ada salahnya berjalan-jalan di sekitar bandara. Banyak bandara yang memiliki arstitektur khas. Kamu bisa menikmati suasana bandara sambil meregangkan kaki dan tangan setelah lama duduk di kursi ruang tunggu. Berfoto di sekitar bandara juga bisa dilakukan sambil mengabadikan momen perjalanan. Tak hanya itu, dengan berjalan-jalan maka pemandangan yang semula membosankan bisa menggairahkan karena bisa sekaligus cuci mata.

  1. Makan

Jika saat menunggu boarding pesawat telah masuk waktu makan, maka lebih baik segerakan makan. Mencicipi hidangan di sekitar bandara juga bisa dilakukan. Menjaga waktu makan sangat penting. Terlambat makan bisa menyebabkan penurunan kondisi tubuh sehingga perjalanan mengganggu. Meski di pesawat terbang nanti kemungkinan juga akan mendapat makanan, tak ada salahnya mengisi perut terlebih dahulu. Tak perlu banyak, asal cukup kenyang sudah baik untuk cadangan tenaga di penerbangan.

  1. Melakukan Perawatan di Salon

Bagi wanita, menunggu boarding pesawat juga bisa dilakukan untuk kegiatan perwatan di salon. Perawtan rambut ringan seperti creambath atau potong rambut. Tak hanya wanita saja, para pria juga bisa melakukan pijat refleksi di salon yang terdapat di pojok-pojok bandara. Dengan pijat refleksi, rasa rileks perjalanan dengan pesawat terbang jadi bisa kembali didapatkan.

  1. Mengobrol

Untuk membunuh rasa bosan dalam menunggu boarding peswat, mengobrol dengan teman atau keluarga juga dapat dilakukan. Bercerita mengenai hal-hal yang akan dilakukan atau mengenang masa lalu menjadi senjata ampuh membunuh rasa bosan saat menunggu boarding pesawat. Tak hanya dengan teman atau keluarga, kamu juga mengobrol dengan orang baru. Bahkan, dengan orang asing. Kamu bisa mengenal orang-orang baru yang mungkin dapat dijadikan teman seperjalanan nanti. Interaksi yang sudah kita alami di bandara akan menjadi kenangan tak terlupakan.

  1. Belanja

Kegiatan yang tak kalah menyenangkan untuk menunggu boarding pesawat adalah belanja. Ada aneka barang yang kita beli, termasuk oleh-oleh bagi orang terdekat kita. Oleh-oleh yang akan kita bawa juga bisa dibeli di sekitar bandara. Aneka souvenir, pakaian, hingga camilan khas sebuah kota seperti Surabaya. Aneka oleh-oleh khas Surabaya bisa dijadikan pilihan dalam mengenang perjalanan religi di kota ini. Ada Lapis Kukus Surabaya, Almond Crispy, hingga aneka camilan yang menggoda lidah. Jika ingin menikmati pedasnya sambal khas Surabaya, jangan khawatir. Ada sambal Bu Rudy yang sudah terkenal di seluruh Indonesia.

Tak perlu risau juga jika tak sempat membeli aneka buah tangan tersebut jika sedang mampir di Surabaya dan tak menemukannya di bandara. Pusat oleh-oleh disurabaya.id menjadi pilihan membeli oleh-oleh khas kota pahlawan dengan waktu terbatas. Ada layanan gratis antar di hotel/bandara/rumah yang bisa dicoba. Dengan menghubungi layanan 1500 180 dan  WA  0811 2500 180, dapatkan aneka promo menarik paket oleh-oleh disurabaya.id. Tunggu apa lagi, jangan lupa beli oleh-olehnya disurabaya.id, pusatnya oleh-oleh Surabaya.

 

5 Oleh-Oleh Khas Surabaya Untuk Teman Kantor

Liburan panjang memang mengasyikkan. Apalagi jika liburan panjang itu bersamaan dengan cuti bersama. Aktivitas kantor yang penat pun bisa sejenak dilupakan. Berkunjung ke tempat-tempat wisata menjadi energi positif yang akan menyegarkan pikiran saat kembali ke rutinitas kerja. Nah, ketika kembali ke tempat kerja, tak elok rasanya tanpa membawa oleh-oleh bagi teman kantor. Terlebih, jika oleh-oleh tersebut bisa membuat suasana kantor menjadi hangat, maka liburan kita akan menjadi bermanfaat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membeli oleh-oleh untuk teman kantor. Pertama, sesuaikan dengan kondisi keuangan kita. Jangan membeli oleh-oleh yang memberatkan pengeluaran kita. Namun, jangan pula terlalu pelit sehingga oleh-oleh yang kita bawa kurang bernilai. Kedua, belilah oleh-oleh yang dapat disimpan dalam waktu lama. Ada kalanya, ketika kita membeli oleh-oleh, masih ada beberapa waktu untuk menunggu saat oleh-oleh tersebut dibagikan ke teman kerja. Ketiga, pilihlah oleh-oleh yang banyak disukai rekan kerja. Camilan ringan bisa menjadi pilihan utama untuk dinikmati di sela-sela rutinitas kerja. Terakhir, jangan lupa membeli oleh-oleh yang merupakan khas dari sebuah kota. Salah satunya adalah oleh-oleh dari Kota Pahlawan, Surabaya.

Ada banyak oleh-oleh khas Surabaya yang bisa dijadikan buah tangan untuk rekan kerja. Apa saja itu?

  1. Almond Crispy Cheese

 

 

Almond Crispy Wisata Rasa

 

Kue kering dengan rasa almon berpadu dengan keju ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Surabaya. Bentuknya yang tipis, bulat, dan lembut di mulut menjadi daya tarik kue ini. Almond Crispy Cheese cocok dimakan bersama rekan kerja di sela-sela istirahat sambil ditemani kopi hangat. Ada 6 varian rasa yang bisa dipilih, yakni original, Green Tea, Cokelat, Blueberry, Stawberry, dan Durian. Masing-masing rasa memiliki kekhasannya sendiri. Harga satu kotak Almond Crispy Cheese berkisar 45.000 rupiah. Kemasan yang mewah dan praktis membuat oleh-oleh khas Surabaya ini sangat cocok dijadikan buah tangan bagi teman kantor.

 

  1. Spikoe Resep Kuno

 

 

 

 Belum ke Surabaya jika belum membeli Spikoe Resep Kuno. Jajanan khas Surabaya ini memang sudah melegenda. Kue ini memiliki tekstur yang yang halus dan empuk dengan rasa yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Dibuat dari bahan-bahan berkualitas pilihan dan packaging yang eksklusif, membuatnya semakin digemari, terutama untuk kalangan orang tua, yang pastinya lebih memilih jajanan klasik dengan rasa yang sudah terpercaya. Untuk itu, buat kamu-kamu yang ingin mengambil hati orang tua pacar, atau sekedar menunjukkan rasa terima kasih ke orang tua kamu sendiri, bisa kamu bawain oleh-oleh khas Surabaya Spikoe Resep Kuno.

 

  1. Sambal Bu Rudy

 

 

Nah inilah salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang bisa dijadikan andalan untuk hantaran rekan kantor. Sambal Bu Rudi yang terasa nikmat pedasnya dan membuat siapa saja ketagihan. Sambal ini telah dibuat dalam kemasan khusus yang bisa bertahan lama. Kekhasan Sambal Bu Rudy adalah dibuat dari perpaduan cabai merah dan rawit pilihan, bumbu-bumbu khas Surabaya, ditambah dengan rasa udang yang kental.

Ada tiga varian rasa Sambal Bu Rudy, yakni sambal bawang, sambal udang, dan sambal bajak. Favorit para penggemar sambal ini adalah sambal udang yang cocok digunakan sebagai teman makan lalapan atau makanan berkuah. Harga satu botol sambal Bu Rudy adalah 25.000 rupiah. Dengan harga ini, sensasi mantap dari sambal khas Surabaya akan terbayar lunas.

 

  1. Keripik Ikan

 

 Rekan kantor akan senang jika mendapat oleh-oleh cemilan yang bisa dinikmati di tengah padatnya rutinitas kerja. Salah satu pilihan yang tepat adalah krupuk ikan, makanan khas Kota Surabaya. Sekarang Dicemil menyediakan berbagai variasi krupuk ikan dan krupuk sayur yang cocok banget buat kamu dan keluarga.

 

  1. Kue Artis Khas Surabaya

 Saat ini, banyak artis yang menjajakan kuliner khas sebuah kota. Begitu juga di Surabaya, ada beberapa artis yang meramaikan pasar oleh-oleh khas Surabaya. Dengan kemasan dan bentuk menarik, kue artis khas Surabaya ini juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk teman kantor.

 

Ada 4 kue artis khas Surabaya yang bisa dijadikan pilihan. Ada Vidi Vini Vici milik Vidi Aldiano. Ada Surabaya Patata milik Ria Richis dan Oki Setiana Dewi. Ada pula Surabaya Snow Cake milik pesinetron Zaskia Sungkar. Jangan lupakan pula Bolu Joeang Surabaya dari artis cantik Ariel Tattum. Masing-masing oleh-oleh artis khas Surabaya tersebut memiliki kekhasannya sendiri.

Nah, itulah tujuh oleh-oleh khas Surabaya yang bisa diberikan pada rekan kantor. Jika anda belum sempat untuk membeli oleh-oleh khas Surabaya untuk teman kantor, jangan risau. Kini, ada pusat oleh-oleh disurabaya.id. Pusat oleh-oleh disurabaya.id menjadi pilihan untuk membeli oleh-oleh khas kota pahlawan dengan waktu terbatas. Ada layanan gratis antar di hotel/bandara/rumah yang bisa dicoba. Dengan menghubungi layanan 1500 180 dan  WA  0811 2500 180, dapatkan aneka promo menarik paket oleh-oleh disurabaya.id. Tunggu apa lagi, nikmati kedamaian wisata religi di Surabaya dan jangan lupa beli oleh-olehnya disurabaya.id, pusatnya oleh-oleh Surabaya.